Senin, 21 Februari 2011

Lukisan Picasso Paling Mahal

Andrew Lloyd Webber membeli lukisan karya Picasso ini tahun 1995











Sebuah lukisan milik komposer Inggris Andrew Lloyd Webber, yang menjadi pusat pertikaian karena sejarahnya yang terkait Nazi, akan dilelang.
Lukisan potret Angel Fernandez de Soto karya Pablo Picasso itu ditawarkan dengan harga perkiraan antara £30 juta sampai £40 juta atau sekitar Rp 400 miliar sampai Rp 550 miliar, perkiraan nilai tertinggi bagi karya seni apa mana pun di Eropa.
Lukisan itu sebelumnya ditawar dengan harga £37,6 juta dalam sebuah lelang tahun 2006, tetapi penjualan itu dihentikan di saat-saat terakhir.
Pertikaian mengenai lukisan yang dibuat tahun 1903 itu telah diselesaikan pada bulan Januari lalu.
Periode Biru
Lukisan Picasso milik Yayasan Seni Andrew Lloyd Webber ini akan menjadi salah satu adi karya dalam sesi Penjualan Karya Seni Impresionis dan Modern rumah lelang Christie’s di London pada tanggal 23 Juni.
Jussi Pylkkanen, presiden rumah lelang Christie di Eropa, Rusia dan Timur Tengah mengatakan, lukisan itu adalah “salah satu karya seni paling penting yang ditawarkan dalam sebuah lelang dalam beberapa dasawarsa terakhir.”
Dia mengatakan: “Peluang untuk membeli karya besar abad ke-20 seperti ini dipastikan akan memicu semangat di kalangan para kolektor seni dan institusi di seluruh dunia.”
“Lukisan dari Periode Biru oleh Picasso ini, yang dilukis ketika sang seniman berusia sekitar 20 tahun, membuka jalan bagi semua gerakan modernis di abad ke-20″.
Sejarah lukisan Angel
Pertikaian mengenai kepemilikan lukisan itu terjadi setelah seorang profesor dari Jerman Julius Schoeps, salah satu keturunan bankir Berlin Paul von Mendelssohn-Bartholdy, mengklaim kakeknya terpaksa menjual lukisan itu dengan harga murah karena mereka harus melarikan diri dari Nazi.
Pada saat itu Yayasan Seni Andrew Lloyd Webber mengatakan klaim itu “sangat palsu, tanpa dasar hukum maupun fakta”.
Tetapi hakim di Amerika melarang lelang karya seni itu di rumah lelang Christie’s New York sampai pertikaian ini diselediki tuntas.
Pada bulan Januari tahun ini keluarga von Mendelssohn-Bartholdy mengumumkan mereka telah mencapai kesepakatan dengan pihak Yayasan Seni Andrew Lloyd Webber dan membatalkan semua klaim mereka.
Yayasan itu membeli lukisan Angel Fernandez de Soto pada tahun 1995 seharga £18 juta.
Sumber : http://solocybercity.wordpress.com/2010/03/18/lukisan-picasso-paling-mahal/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar