Sabtu, 05 Februari 2011

18 Perbedaan Antara Kultur Barat dan Timur !

Ikon-ikon ini diciptakan oleh seorang cewek bernama Yang Liu yang berkebangsaan China tapi berpendidikan di Jerman.

Ikon-ikon ini dibuat oleh Yang Liu untuk menggambarkan perbedaan antara budaya Barat dan budaya Timur.
Ada 17 ikon dibawah ini, sangat simple tapi bener-bener bisa diartikan secara luas dengan mudah.

Note: Blue = West Culture, Red = East Culture

1. KEMARAHAN



Apabila orang bule marah, maka kita akan dengan mudah tau bahwa dia marah melalui body language nya.
Kalo di budaya Timur, kita akan susah mengetahui apakah seseorang lagi marah atau gak. Kadang tersenyum dan tetap ramah tapi dalam hati dongkol setengah mati.

2. RELASI



Orang bule kebanyakan hanya menjalin hubungan dengan orang-orang tertentu saja. Kalo butuh ya berhubungan kalo ga butuh ya udah.
Kalo orang Timur berhubungan dengan banyak orang. Semua jadi relasi. Semakin banyak relasi, bisnis jadi lancar, hehe . Betul gak teman?

3. DEFINISI KECANTIKAN



Di kebudayaan Timur, semakin putih cewek, semakin cantik dia. Liat saja iklan-iklan skin whitener yg merajalela dimana-mana. Cewek-cewek yang sangat terobsesi juga sangat takut terkena sinar matahari. Pake baju lengan panjang atau jaket jika pergi keluar atau pake payung. Bandingkan di negara-negara barat dimana orang lebih suka dengan kulit yang agak berwarna. Coba saja liat di pantai-pantai di kuta, yg seneng berjemur siapa saja kalo ga bule-bule.

4. HARI-HARI TUA



Sekarang di sini kita liat saja, banyak kan kakek nenek yang sedang momong cucunya. Sementara orang tua mereka sedang bekerja, yg momong anak ya embah-embahnya. Sangat menyenangkan bagi mereka untuk menghabiskan hari-hari tua dengan momong cucu. Beda sekali di negara barat. Karena karakter "independence" orang bule, maka kebanyakan begitu pula pilihan mereka menghabiskan hari tua. Jarang sekali ada orang tua yang tinggal bersama dengan anaknya.

5. DI RESTORAN



Coba kita restoran di sini, pasti rame banget kan? bahkan ada yg ketawa ketiwi dan berisik deh. Kalo orang bule, di restoran bisik-bisik ngomongnya.

6. SAYA



Orang bule selalu berfikir tentang SAYA. Sementara kita selalu berfikir sebagai bagian kecil dari suatu kelompok.

7. CARA MENGATASI MASALAH



Perbedaan ini yang kadang bikin orang bule yang tinggal di Asia jadi frustasi. Karena cara orang Asia untuk mengatasi suatu masalah itu begitu bulet gan. Kadang malah masalah utamanya ga terselesaikan. Yang penting tetap jalan walaupun masalah ga selesai. Beda ama bule yg frontal dalam menyelesaikan masalah.

8. ANTRIAN



Nah yang ini sepertinya kita semua sudah tau adat kita kalo pas antri. Berantakan gan. Siapa cepat dia duluan dah. Gara-gara ini, untuk lebih mengajarkan kesopanan dalam ngantri di China sesaat sebelum Olimpiade dilaksanakan disana, tiap bulan sekali

diadakan Hari Antri Nasional.


10. WAKTU MANDI



Orang Bule suka mandi waktu hari panas. Orang kite sukanya mandi sebelum matahari terbit.

11. JALAN2 HARI MINGGU



Karena keindividualismeannya, orang bule lebih suka istirahat dengan menyendiri saja. ga suka di keramaian.  istirahat tapi kok ke tempat rame, mungkin gitu mikirnya. Kalo di kita, waktu libur enak ke mall dong. cari tempat-tempat yang rame buat kongkow.

12. ANAK-ANAK



Lihatlah kita, kita akan bekerja sekuat tenaga demi anak-anak kita. Demi keturunan kita. Untuk anak-anak bule, mereka dibiasakan mandiri sedari kecil. Mereka harus terbiasa sendiri dan sebisa mungkin tanpa bantuan orang tua.

13. DI PESTA

Di pesta orang bule, biasanya berbincang-bincang secara terpisah gitu. Paling bergerombol 2~4 orang lah. Di indonesia, lebih seru kan kalo bareng-bareng acaranya. diatur sama MC gitu kan. Jadi ga terpisah-pisah gitu. kalo gitu mendingan jalan sendiri aja deh.

14. TRANSPORTASI



Jaman dulu orang bule tahun 70an udah pake mobil. sekarang ganti naek sepeda atas nama generasi hijau katanya. di indonesia dulu pake sepeda (itupun yang berduit yah) karena mobil langka. sekarang jakarta macet gara-gara banyak mobil.

15. BOS



Di perusahaan-perusahaan barat, bos itu part of the team. Dia bagian dari tim. Tapi kalo di perusahaan-perusahaan asia, bos itu seperti dewa.

takutnya minta ampun lah kalo sama bos. bos salah aja, anak buah ga ada yg berani nentang atau protes.

16. TRAVELING



Orang bule traveling buat liat pemandangan yang seger-seger. kalo kita yang penting foto-fotonya dong.

17. WAY OF LIFE



Dari ikon nya aja udah ketahuan kan.

18. MAKANAN



Orang bule suka makanan asia yang sehat dan penuh sayur dan rempah. Sementara kita suka makanan yg kebarat-baratan biar dianggap gaya dan ga ketinggalan jaman.



Sumber : http://www.yangliudesign.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar